Category Archives: Manajemen

Ayat Jurnal Penyesuaian dan Ayat Jurnal Balik

Bismillah,

Related tulisan ikhtisar akuntansi dan manajemen keuangan saya sebelumnya, dan meringkas tulisan saya di blog ini agar tidak terlalu panjang. Silahkan disimak referensi tambahan yang coba saya sarikan.

Salam.

Advertisements

Analisis Konsep Pembayaran Cicilan Barang dengan Metode PVA

Jika kita bermaksud mencicil sebuah sepeda motor selama 3 tahun. Harga kontan motor itu adalah Rp12.900.000,00. Besarnya angsuran setiap bulan adalah Rp500.000,00. Uang muka sebesar Rp700.000,00, sudah termasuk cicilan bulan pertama.

Pertanyaannya:
a. Berapa tingkat bunga perbulan (per cicilan) ?
b. Jika ada sebuah bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga 18% pertahun, apa yang sebaiknya kita lakukan ?

Berikut uraiannya semoga bisa terjawab:
Analisis pertamakali adalah tentukan apakah kasus diatas termasuk nilai waktu uang sekarang atau akan datang , serta anuitas atau tidak, apakah termasuk anuitas biasa atau jatuh tempo. Pembahasan tersebut dapat teman-teman baca dan pahami pada artikel saya sebelumnya di sini : Ikhtisar Akuntansi dan Manajemen Keuangan .

Maka, jika kita lihat kasus diatas termasuk perhitungan sekarang anuitas biasa (karena pembayaran dilakukan setiap akhir bulan) dengan rumus :

PVA = P x PVIFA k,n

dimana PVIFA k,n merupakan persamaan dari (1 – (1 + k)-n ) / k

Kita bisa langsung berhitung untuk pertanyaan (a) dengan metode sebagai berikut :

Continue reading

Ikhtisar Pengantar Akuntansi dan Manajemen Keuangan

Bismillah..

Bahan presentasi. Tidak besar, namun cukup menjadi dasar.

What’s Next ..

Ingin tau code yang akan atau sedang saya bangun ?.. tunggu di github ya 😉 .. see ya

Hary

Data

Yup.. judulnya hanya ‘Data’, karena belum lama ini saya baru saja bergelut dg perhitungan yang kurang lebih berhubungan dengan data kuantitatif. Namun penyajiannya di convert kedalam bahasa pemrograman web php, javascript, jquery dg design menggunakan bootstrap & css.
Tidak terlalu luarbiasa juga, namun cukup untuk menjadi tambahan pengetahuan bagaimana mencari:
– jumlah sample yang sesuai dari sekian banyak populasi.
– nilai persamaan regresi sederhana yang membantu dalam mengukur suatu sebab akibat dari variabel yang kita teliti. Biasanya disajikan dalam bentuk tabel penolong dimana nilai didalam variabel ini akan menjadi acuan hitung (Sebagai contoh: berapa lama waktu pengerjaan untuk 0 sampai 1 tiket, 2 sampai 4 tiket, 5-7 tiket dst).
– nilai korelasi sederhana untuk penentuan koefisien determinasi atau koefisien penentu (Ini penentuan akhir bagaimana tingkat korelasi antar variabel satu dg yg lain).

Yang pada intinya point2 diatas adalah untuk menunjang dalam pembuatan keputusan, nah seharusnya kalau ini judulnya sudah bukan ‘data’ lagi, tapi sudah melalui proses data->informasi->knowledge->wisdom(decision making). Lalu, screenshot nya mana ??.. nanti saja setelah artikel yg sedang saya tulis selesai 😀
Tapi boleh deh.. sedikit aja *plinplan mode : ON
dss

Terrr.. balik :)

Sepertinya kali ini adalah : lihat siapa orang/ penulis nya, jangan lihat apa tema/ isi nya .. Hahaha

HRM

Well, it’s not probably deserved for me :-(

Ada inspirasi sebuah project yg ingin saya bangun, Niat dan requirement nya sudah ‘matang’ dan ada. Visi dan manfaatnya pun insyaAllah untuk dunia dan akhirat, sebuah bahan muroja’ah. Blueprint nya pun mungkin akan bermanfaat nanti di dokumen yg akan saya share.

NAMUN APLIKASINYA SUDAH DIDAHULUI ORANG LAIN. Hiks..hikss.. 😦 😦