BIND System Server with Mandriva 2008.1

Sistem operasi Mandriva 2008.1 tergolong cukup lama, entah masih di support hingga saat ini atau tidak. Namun dari salah satu distro inilah saya belajar. Mulai dari issue incompatible hardware hingga masalah packages (Ini History lama saya 😀 : https://forum.linux.or.id/viewtopic.php?t=22216). Lucu juga, bahkan dulu saya sempat bolak-balik ke warnet hanya untuk download dependencies dari paket aplikasi yang hendak di install di Mandriva 2008.1.

Karena itulah, dulu sempat mencoba mengutak-utik domain name service di distro ini namun menyerah karena keterbatasan ilmu pengetahuan dan fasilitas. Namun Alhamdulillah, sekarang tidak lagi karena bahan belajar sudah bisa saya temukan banyak dimana-mana.

Dimulai dengan instalasi server DNS di mandriva 2008.1
1-UIHal pertama yang langsung saya pikirkan adalah apakah repository untuk distro non-LTS semacam Mandriva 2008.1 ini masih ada atau tidak. Saya coba browse di internet, ternyata masih ada walaupun tidak banyak, dengan langkah pertama menuju situs lama kesukaan saya : http://rpm.pbone.net/ .
Saya menggunakan 2 repo berikut ini :
2-UISebelumnya perlu saya sampaikan kalau si Mandriva ini merupakan turunan Mandrake (Bukan nama taneman dari Prof. Sprout yg ada di Harry Potter loh ya 😛 ) plus akuisisi dari Linux Connectiva. Jadi, memang kenapa ??, ya jadi kita menggunakan parameter yang berbeda dari pada basis debian dan RPM yang menggunakan apt-get atau yum atau zypper dalam instalasi paket aplikasi.

Disini kita menggunakan parameter :
~# urpmi.addmedia <name_repo> <uri_repo>
~# urpmi.update <name_repo>
~# urpmi <package>

Dalam case BIND system ini, saya kelola dengan aplikasi webmin dan melakukan instalasi BIND baik di sisi server maupun client dengan cara berikut :
~# urpmi bind caching-nameserver
mandrmandrivaa

Setelah itu, buka webmin dengan browser dengan alamat : http://%5Byour_IP%5D:10000/
3-UI
6-1-UI

7-UI

Oh iya, jadi begini konsep sederhana dari saya (lakukan secara urut) :
– 1 Server dengan nama tifosilinux.com (192.168.170.1) dan 2 server dengan nama client1.com (192.168.170.2) dan client2.com (192.168.170.3).
– Langkah pertama saya adalah membuat master zone nya. Disini saya membuat tifosilinux.com .
4-UI

Zone type (FQDN) yang dipilih adalah ‘names to address’ . Atau kita juga bisa menggunakan reverse -nya yakni  dari ‘address to names’. Saya isikan Domain name/ network nya dengan tifosilinux.com (Menggunakan nomor IP jika kita mengimplementasikan metode reverse dari address to name) dan Master Server nya dengan ns.tifosilinux.com (ns yg satu ini sangat penting karena menjadi master bagi ns lainnya nanti). Kemudian isikan Email Address [optional].
 Langkah kedua kita menambahkan record dari Name Server (NS).
5-UIZone Name kita input dengan tanda titik (.) diakhir namanya. Baru kemudian kita isikan Name server nya.
– Langkah ketiga adalah membuat Record Address nya. Masukkan name yang sebelumnya telah kita buat di langkah kedua, lalu masukkan IP tujuan/ client. Atau sekalian jika kita ingin menambahkan record mail server MX untuk email, masukan name (dengan tanda titik) dan nama Mail server nya (masukan value di priority nya).
6-UI

10-UI

Jika langkah diatas tidak ada kendala, lakukan re-start/ apply pada service dan seharusnya kita sudah bisa menguji client1 dan client2 apakah telah di assign dengan baik oleh BIND Server. Jadi tidak perlu repot register name setiap server pada /etc/hosts (misalnya saat kita ingin masuk ke web internet). Cukup dengan melakukan register nameserver di /etc/resolv.conf .
~# echo ‘nameserver <IP_BIND_Server>’ > /etc/resolv.conf

Pengujian pada client1 :
8-UI

Pengujian pada client2 :
9-UI

Selesai.
Ditampilkan dengan banyak gambar agar mudah dipahami 🙂

Tinggalkan pesan atau komentar

