Flying Dorayaki

Ada yg tau game flappy bird buatan si orang Vietnam itu ?..
Sudah Download ?
Seru nggak ?.. cukup sederhana ya game nya ?
Sudah berapa  score nya ?,
kalau saya baru sampe score 90 aja 😀 .. hahaa..

Bukan itu utamanya sebenernya, saya cuma ingin menceritakan gimana belajar membuat aplikasi di android menggunakan sample game flappy bird yang belum lama sedang booming ini. Kita bisa buka source code (sorry ya Om Nguyen) dan mempelajarinya. Tidak bisa hanya dengan membuka arsip dengan 7z, unrar, atau entah apalah namanya (di forum xda-developers sudah pernah dibahas) tapi bisa dengan aplikasi tulalit (toolalite).

Yap, dengan sok2an menggunakan bahasa ‘orang developer’ , saya ingin menceritakan (ini ‘menceritakan’ saja lho, bukan ‘menjelaskan’ apalagi ‘ngajarin’) dengan menggunakan aplikasi eclipse, ADT (Android Developer Tools)/ SDK-Android, dan  third party libgdx yang nantinya kita import bersama dengan package yang lainnya guna melakukan rendering gambar di aplikasi yang kita buat nanti.

Dari struktur, kita bisa lihat bahwa didalam aplikasi ini (melalui libgdx) akan me-generate beberapa package dalam workspace yang telah kita buat dan beri nama sebelumnya, misalkan workspace DoraEmon. Kurang lebih seperti ini :
structure

Saat kompilasi, kita bisa melakukan right click – Run As – Java Application didalam package {DoraEmon-desktop}-src-com.tifosilinux.DoraEmon-Main.java.
Penempatan image, sound, font bisa kita tempatkan didalam package {DoraEmon-android}-assets-data. Dan yang paling utama kita buat programnya didalam package DoraEmon-src, baik itu Object, Helpers nya, Asset yang akan kita Load (AssetLoader), Handler untuk menangani input/ action/ event yang diberikan untuk Object (dalam contoh ini si DoraYaki).

Akhir kata, aplikasi ‘jadi’nya seperti ini (aplikasi bisa didownload di sini : http://www.tifosilinux.com/OS/DoraYaki-android.apk) dan source code nya di sini : http://www.tifosilinux.com/OS/Source-Code.rar
DoraYaki-Tifosilinux

Oh iya, kita bahkan bisa melampaui hingga score 1000 lebih karena bisa melewati atas fork/ garpu yang saya buat, karena kode nya kan terserah saya yg buat donk 😀 mwahahahahah.

selanjutnya InsyaAllah klw saya sempat akan saya posting kembali “Apa siih yang sudah saya kerjakan .. 🙂

Referensi : http://kilobolt.com/

BR
Hary

Advertisements

Tinggalkan pesan atau komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s