Deployment ??.. Low Cost ??.. AppHarbor !!!

Baru saja menemukan ‘lagi sebuah layanan aplikasi berbasis PaaS (u know who (voldemort) do u know ?) — setelah sempat sedih juga karena file image Cluster Proxmox saya terpaksa di hapus akibat storage laptop megap-megap –..
Tampaknya Cloud akan menjadi sebuah bisnis yang akan terus menjanjikan. Dan kali ini adalah appharbor yang saya temukan di situs tetangga.

Didalam sebuah pekerjaan, seringkali akan menjadi sebuah dilema dimana keterbatasan resources menurunkan kinerja para developer/ programmer/ apapun namanya. Ya, menyiapkan staging guna melakukan uji coba baik itu untuk stress test, tunning,  atau screening sebelum masuk ke production akan selalu memakan waktu, tenaga, ataupun materi.

Bagi mereka2 yang bingung, ada layanan  appharbor yang satu ini.
Secara ringkas, proses nya ada 2 dimana tiap2 proses memiliki 3 subproses ;
[1].  Application Deployment : (a) Menyimpan source code didalam Version Control System (VCS) yang kita pilih baik itu Subversion (SVN), GIT, Codeplex dll, –> (b) Setelah ter-publish dengan menggunakan VCS tersebut, kode tersebut akan di re-build oleh platform build service dan kita dapat melihat hasil kompilasi maupun unit testing melalui application dashboard yang dapat kita akses via browser, –> (c) Jika kode berhasil re-builded maka akan di deploy ke arah AppHarbor Application Server. AppHarbor dapat melakukan scaling aplikasi ke dalam multiple instances dalam waktu yang cukup cepat. Selain itu, AppHabrbor akan melakukan load balancing terhadap aplikasi yang berjalan di dalam semua instance tersebut.
[2].  Application Runtime : (a) User akan mengakses aplikasi yang sudah ter-deploy menggunakan subdomain dari apphb.com atau domain kita sendiri yang sudah kita setting DNS record-nya agar mengarah ke AppHarbor. Jika membutuhkan keamanan lebih, AppHarbor mendukung SSL, –> (b) Instance akan melakukkan loadbaancing jika terjadi down, –> (c) Semua infrastruktur berjalan di atas Amazon Web Service dan infrastruktur tersebut dikelola sepenuhnya oleh tim AppHarbor. Aplikasi kita juga dapat memakai sumber daya cloud seperti database, caching, dan layanan email dari add on yang kita install dari katalog add on seperti database MySQL didalam fitur yocto (free), nano dan centi (berbayar).

Secara teknis, saya mencoba layanan ini dengan menggunakan VCS Git cukup dengan parameter mudah di server VPS saya, tentunya dengan membuat akun terlebih dahulu di sini tinggal mengikuti prosedurnya. Seperti biasa akan saya sertakan capture nya, namun telah banyak referensi/ panduan di luar sana.

GIT

http://testergame.apphb.com/

BR
Hary

referensi : http://www.cloudindonesia.or.id/

Advertisements

Tinggalkan pesan atau komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s