Mengenal HP-UX

Saya masih buta akan Operating System ini..
Ingat !!!!..  referensi seluruhnya dikutip dari sini : http://id.wikipedia.org/wiki/HP-UX

chart-SIM_2012

jadi ini sekedar bahan bacaan dan pengetahuan saja

HP-UX (singkatan dari Hewlett-Packard Unix) adalah salah satu sistem operasi keluarga UNIX yang diimplementasikan oleh Hewlett-Packard yang banyak digunakan di komputer mainframe. HP-UX dibuat berdasarkan sistem UNIX System V (meski pada awalnya adalah UNIX System III). Sistem operasi ini berjalan di atas jajaran prosesor HP PA-RISC dan keluarga Intel Itanium (karena memang Intel dan Hewlett-Packard bekerja sama dalam mengembangkan Itanium), dan juga kemudian dapat berjalan di atas sistem Apollo/Domain. Sistem-sistem versi terdahulu bahkan dapat berjalan di atas komputer HP 9000 Series 200, 300 dan 400 yang menggunakan prosesor Motorola 68000 series, dan juga HP 9000 Series 500 yang menggunakan prosesor dengan arsitektur HP FOCUS.

HP-UX merupakan versi UNIX pertama yang menerapkan fungsi access control list untuk izin akses berkas dibandingkan dengan izin akses UNIX yang biasa digunakan. HP-UX juga merupakan salah satu sistem UNIX pertama yang mengintegrasikan Logical Volume Manager (LVM). HP juga memiliki kerjasama dengan VERITAS, sehingga mereka menggunakan sistem berkas VxFS sebagai sistem berkas utamanya. Meskipun demikian, karena berbagai sebab, sistem berkas yang digunakan sebagai perangkat booting tetap menggunakan Hi Performance File System (HFS).

Hingga rilis HP-UX 11i versi 2, sistem operasi ini dapat mendukung:

  • 128 prosesor (dapat diperluas hingga 256 prosesor)
  • 1 Terabyte memori utama
  • 32 Terabyte maksimum ukuran sistem berkas
  • 2 Terabyte ukuran berkas maksimum

Sejarah

Versi HP-UX pertama adalah HP-UX 1.0 yang dibangun pada tahun 1983. Sistem operasi tersebut dibuat berbasiskan UNIX System III dan kemudian UNIX System V.

HP-UX pertama, yang ditujukan untuk sistem FOCUS (komputer HP seri 500) menggunakan kernel yang ditulis dengan menggunakan bahasa MODCAL (sebuah bahasa pemrograman Pascal yang dimodifikasi dengan tambahan pemrograman tingkat rendah). Pascal/Modcal pun menjadi bahasa utama untuk pengembangan sistem operasi HP pada awal dekade 1980-an hingga pertengahan 1980-an. Kernel ini pun diletakkan di atas level lebih rendah dibandingkan kernel yang disebut SUNOS (tidak ada korelasi dibandingkan dengan SunOS, sistem operasi UNIX milik Sun Microsystems) dan sistem berkas yang diemulasikan yang mirip dengan UFS yang berjalan di atas sistem berkas HP-peculiar, yang disebut Structured Directory Format. Pada komputer HP Seri 200 dan 300, HP-UX pada awalnya menggunakan sistem UNIX System III, sebelum kemudian menggunakan UNIX System V. ROM HP-UX untuk HP Integral PC memiliki dua versi, yakni versi 1.0 yang merupakan HP-UX yang berbasiskan UNIX System III dan versi 5.0 yang merupakan HP-UX yang berbasis UNIX System V.

HP pun kemudian merilis arsitektur RISC miliknya, yang disebut sebagai HP Precission Architecture Reduced Instruction Set Computing (disingkat PA-RISC) pada semester kedua tahun 1986, dan digunakan pada dua buah jajaran komputer, yakni HP3000 series 930 (yang memiliki persamaan dengan HP 9000 series 840) dan HP3000 series 950 (yang memiliki persamaan dengan HP9000 8xx). Tidak seperti sistem-sistem PA-RISC yang terbaru, pada 3000/930 dan 9000/840, prosesor PA-RISC disebarluaskan melalui beberapa papan Transistor-to-Transistor Logic (TTL).

Pada waktu itu, HP tidak memiliki jumlah perangkat keras yang mencukupi untuk dikirimkan kepada pengguna, tapi memiliki beberapa perangkat keras yang diinstal dalam beberapa tempat pengembangan pihak ketiga.

Advertisements

Tinggalkan pesan atau komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s